HomeDessert Viral! Intip Resep Odading Garing tapi Lembut

Viral! Intip Resep Odading Garing tapi Lembut

Posted in : Dessert, Lokal on by : juniertania Tag: , , , , , ,

Odading adalah roti goreng dari Bandung berbentuk kotak menggelembung. Roti goreng ini menjadi viral beberapa waktu belakangan. Berawal dari video seorang penjual odading yang menjajakan roti gorengnya dengan cara tak biasa. Selain rasanya dan teksturnya yang unik, sejarah dan adal usul nama odading juga tak kalah menarik.

Odading sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Hal ini tertera dalam buku “9 dari 10 Kata Bahasa Indonesia adalah Asing” (2003) karya Alif Danya Munsyi yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia. Dahulu ada kue goreng tak bernama yang terbuat dari adonan terigu campur gula. Suatu ketika seorang anak kecil Belanda merengek kepada ibunya minta dibelikan kue tak bernama itu. Rengekan sang anak membuat ibunya penasaran dengan bentuk kudapan itu. Kemudian ia panggil seorang ujang penjual kue. Orang Belanda itu menyuruh si penjual kue keliling untuk membuka daun pisang penutup kue di nyiru.

Begitu melihat roti goreng itu, sang ibu berkata dengan heran, “O, dat ding?” yang artinya “O, benda itu?”. Terdengar lucu dan unik, si penjual kue akhirnya menceritakan kepada ibu dan orang-orang di kampungnya. Ia mengatakan bahwa kue tak bernama itu disebut odading. Kata yang spontan dari orang Belanda itu akhirnya membuat roti goreng ini disebut odading hingga sekarang. Oleh masyarakat Sunda, nama odading dianggap enak untuk didengar dan sedikit lucu. Sehingga, nama odading terus dipakai oleh para pedagang kue jenis tersebut. Mari kita intip resepnya di sini.

Baca Juga  Mudah, Begini Cara Membuat Creme Brulee

Bahan :

  • 280 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 ¼ sdt baking powder
  • ½ sdt baking soda
  • 1 butir telur
  • 110 gr susu cair
  • 20 ml minyak
  • 4 ½ sdm gula
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm susu bubuk
  • 20 gr wijen putih
  • Minyak goreng secukupnya

Cara pembuatan :

  1. Campurkan susu cair, gula, dan telur lalu aduk hingga gula larut kemudian tambahkan minyak.
  2. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, garam, baking soda, dan baking powder ke dalam mangkuk lalu aduk menggunakan sumpit kemudian tuang bahan cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk menggunakan sumpit hingga membentuk adonan.
  3. Uleni adonan menggunakan tangan hingga permukaannya halus tetapi tidak perlu sampai kalis lalu istirahatkan 2 jam di suhu ruang dengan ditutup cling wrap / lap bersih kemudian simpan semalaman di dalam lemari es.
  4. Lumuri talenan, rolling pin, dan tangan dengan minyak lalu tuang adonan dan pipihkan adonan memanjang dengan ketebalan 1 cm, semprotkan atau oles dengan sedikit air di permukaannya lalu taburi dengan wijen kemudian tipiskan lagi adonan ± 0,5 cm dan potong-potong ± 4 x 6 cm atau sesuai selera.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang lalu masukkan odading kemudian aduk-aduk supaya mengembang dan goreng hingga coklat keemasan, tiriskan.
  6. Odading siap disajikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *