HomeAppetizer Cara Membuat Bumbu Pecel Tahan Lama

Cara Membuat Bumbu Pecel Tahan Lama

Comments : 3 Posted in : Appetizer, Lokal on by : juniertania Tag: , , , , , , , ,

Bumbu pecel merupakan bumbu makanan yang dibuat dari kacang tanah, cabai, gula merah (atau gula putih), bawang putih, daun jeruk nipis (atau buahnya), buah asam dan garam. Bumbu pecel digunakan untuk bumbu makanan yang dilengkapi dengan sayuran dan beberapa lauk tradisional seperti gorengan tempe, tahu, mie, rebusan sayur maupun lontong. Yuk, intipresep pembuatan bumbu pecel di bawah ini.

Bahan :

  • 1 kg kacang tanah (yang ukurannya kecil2 bukan kacang tanah arab)
  • 500 gr gula kelapa (bukan gula merah dari tebu), disisir halus
  • 20 gr asam jawa
  • 12 lembar daun jeruk purut

Bahan bumbu halus :

  • 100 gr cabe merah/cabe keriting
  • 50-100 gr cabe rawit merah
  • 25 gr atau 1/4 ons kencur, dikupas
  • 5 siung/15 gr bawang putih
  • 2 sdm/20 gr garam (sesuai selera)

Cara Pembuatan :

  1. Sangrai kacang tanah dengan suhu antara sedang dan tinggi ( kurang lebih sklala 6 dari 9) sambil diaduk terus menerus selama 30 menit. Ambil satu kacang dan cicipi apakah benar2 sudah matang.(Goreng dengan suhu panas sedang sampai kacang matang jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan). Pastikan kacang tidak gosong). Tiriskan.
  2. Haluskan kacang dengan dry mill/dry grinder atau food processor atau dapat menggunakan lesung sampai halus. Sisihkan.
  3. Sangrai bahan bumbu halus (kecuali asam jawa dan gula merah) sambil diaduk terus menerus hingga matang tetapi tidak gosong. Tambahkan daun jeruk purut terakhir dan ikut disangrai selama 1 menit saja. (Tumis bahan bumbu dan daun jeruk purut sampai cabai lunak jika ingin membuat sambal yang akan langsung disantap (bukan untuk diawetkan).
  4. Haluskan bahan bumbu halus dengan cobek atau blender/grinder sampai halus.
  5. Tambahkan gula sisir dan asam jawa, aduk/haluskan kembali hingga rata.
  6. Tambahkan bumbu halus ke dalam kacang tanah yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata dengan spatula. (Kedua bahan bisa anda campur di dalam food processor jika anda mempunyai food processor dengan mangkok besar (volume 2 liter).
  7. Cicipi dengan cara larutkan 1 sdm sambal pecel dengan sedikit air untuk memastikan rasanya sudah pas. (Langkah ini perlu karena rasa sambal pecel sebelum dan setelah diencerkan dengan air tidak sama persis).
  8. Masukkan sambal dalam wadah tertutup rapat, simpan dalam kulkas dan ambil seperlunya saat akan disantap.
Baca Juga  Tanpa Dikukus, Intip Resep Es Pisang Ijo

Tips :

  1. Membuat bumbu pecel yang tahan lama yaitu hindari pemakaian minyak setetespun di dalam bumbu pecel. Sangrai semua bahan yaitu kacang tanah dan bumbu sampai matang kemudian dihaluskan. Minyak goreng penyebab sambal lekas tengik dan jamuran, meski disimpan dalam kulkas, sambal pecel yang dibuat dengan proses penggorengan akan bertahan paling lama 3 bulan.
  2. Pilih gula kelapa yang berkualitas bagus dan lunak, tandanya mudah diiris/disisir dan kalau kena panas sedikit mudah meleleh, kalau yang tetap keras. Selain itu gula yang keras juga akan menghasilkan sambal pecel yang keras dan akan membatu setelah lama disimpan.
  3. Bagi kamu yang ingin membuat bumbu pecel untuk langsung disantap atau tidak untuk diawetkan, silahkan menggoreng kacang tanah dan menumis bumbu seperti biasa
  4. Jangan memakai bumbu mentah, karena ini akan membuat rasanya agak getir.

3s COMMENTS

3 thoughts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *